Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Penjualan Smartphone Dengan Menggunakan Metode Struqtural Equation Model (SEM) Di Gerai SES Karebosi Link Kota Makassar

Authors

  • Rikky Supriyadi Universitas Muslim Indonesia
  • Rahmaniah Malik Universitas Muslim Indonesia
  • Muhammad Fachry Hafid Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/jrsim.v2i2.584

Abstract

Perkembangan Smartphone dunia sangat pesat dan saat ini ada sekitar 41,3juta pengguna smartphone, hal ini menunjukan bahwa hasil intesitas penggunaan smartphone termasuk dalam kategori tinggi. gerai SES karebosi link kota Makassar penjualan masih kurang efektif, berdasarkan data observasi dalam beberapa bulan terakhir transaksi tidak memenuhi target penjualan yang diterapkan, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja penjualan sehingga transaksi penjualan menurun dan tidak memenuhi target, Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh pada kinerja penjualan dan mengetahui apakah ada hubungan antara faktor-faktor tersebut, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Struqtural Equation Modelling (SEM), disebarkan kepada 100 responden, diketahui bahwa faktor pemasaran secara parsial memiliki pengaruh siqnifikan terhadap kinerja penjualan dengan nilai p- value sebesar 0,695, faktor harga berpengaruh siqnifikan terhadap kinerja penjualan dengan nilai p- value 0,857, kualitas pelayanan berpengaruh siqnifikan terhadap kinerja penjualan dengan nilai koefisien p- value sebesar 0,677. Indikator-indikator inilah yang dikembangkan sebagai rekomendasi yang diberikan pada Gerai SES karebosi link Kota Makassar.

References

H. Hasbiyati, “Analisa Efektifitas Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Smartphone Pada Peningkatan Hasil Belajar Biologi,” Bio-Lectura, vol. 7, no. 1, pp. 10–14, 2020, doi: 10.31849/bl.v7i1.4034.

A. Hendrawan, H. Sucahyowati, K. Cahyandi, Indriyani, and A. Rayendra, “Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap,” J. Adm. dan Kesekretarisan, vol. 4, no. 1, pp. 53–60, 2019, [Online]. Available: http://www.jurnal.stiks-tarakanita.ac.id/index.php/JAK/article/view/189/136

F. S. Lubis, A. P. Rahima, M. I. H. Umam, and M. Rizki, “Analisis Kepuasan Pelanggan dengan Metode Servqual dan Pendekatan Structural Equation Modelling (SEM) pada Perusahaan Jasa Pengiriman Barang di Wilayah Kota Pekanbaru,” J. Sains, Teknol. dan Ind., vol. 17, no. 1, p. 25, 2020, doi: 10.24014/sitekin.v16i2.9366.

D. Riyani, I. Larashat, and D. Juhana, “Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan,” Maj. Bisnis IPTEK, vol. 14, no. 2, pp. 94–101, 2021, doi: 10.55208/bistek.v14i2.233.

D. Satriani and V. V. Kusuma, “Perhitungan harga pokok produksi dan harga pokok penjualan terhadap laba penjualan,” J. Ilm. MEA (Manajemen, Ekon. dan Akuntansi), vol. 4, no. 2, p. 438, 2020, [Online]. Available: https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jtin/article/view/645

N. Puspitasari, R. Nurmalina, A. Fariyanti, and A. M. Kiloes, “Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Perilaku Kewirausahaan dan Dampaknya Terhadap Kinerja Usaha Petani Anggrek (Effect of Internal and External Factors Towards the Enterpreneurial Behavior of Orchid Growers),” J. Hortik., vol. 28, no. 2, p. 299, 2019, doi: 10.21082/jhort.v28n2.2018.p299-310.

R. Fitriantini, A. Agusdin, and S. Nurmayanti, “Pengaruh Beban Kerja, Kepuasan Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Turnover Intention Tenaga Kesehatan Berstatus Kontrak Di Rsud Kota Mataram,” Distrib. - J. Manag. Bus., vol. 8, no. 1, pp. 23–38, 2019, doi: 10.29303/distribusi.v8i1.100.

B. A. Ningsi, “Analisis Kepuasan Pelanggan Atas Kualitas Produk dan Pelayanan Dengan Metode SEM-PLS,” J. Stat. dan Apl., vol. 2, no. 2, pp. 8–16, 2018, doi: 10.21009/jsa.02202.

K. J. Atmaja and I. N. S. Wahyu Wijaya, “Pengembangan Sistem Evaluasi Kinerja Dosen (E-Kuesioner) Stmik Stikom Indonesia,” JST (Jurnal Sains dan Teknol., vol. 8, no. 1, pp. 55–64, 2019, doi: 10.23887/jst-undiksha.v8i1.17290.

S. Mulyana, “Pengaruh Harga Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Pada Shopee Di Pekanbaru,” J. Daya Saing, vol. 7, no. 2, pp. 185–195, 2021, doi: 10.35446/dayasaing.v7i2.665.

Downloads

Published

2024-06-30