Analisis Kualitas Pelayanan Konsumen Pada Pt. Global Jet Express (J&T) Menggunakan Metode Service Quality Dan Importance Performance Analysis (IPA)

Authors

  • Muhammad Irman Universitas Muslim Indonesia
  • Abdul Mail Universitas Muslim Indonesia
  • Arfandi Ahmad Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/jrsim.v2i1.536

Abstract

Pelayanan merupakan salah satu proses yang sasarannya ditujukan pada manusia secara perorangan maupun berkelompok dalam bentuk organisasi/badan. Pelayanan adalah suatu aktivitas atau serangkaian aktivitas yang bersifat tidak kasat mata yang terjadi sebagai akibat adanya interaksi antara konsumen dengan karyawan atau hal - hal lain yang disediakan oleh perusahaan pemberi pelayanan yang dimaksud untuk memecahkan permasalahan konsumen/pelanggan. J&T merupakan perusahaan jasa pengiriman barang dan logistik yang melayani pengiriman dalam bentuk paket, dokumen, dan lain-lain. Dalam usaha jasa pengiriman barang harus disesuaikan dengan spesifikasi dan kebutuhan pelanggannya. Oleh karena itu, kemampuan untuk melakukan berbagai kombinasi dan tanggapan atau rangkaian aktivitas yang berbeda bagi tiap konsumen sangat penting dilakukan bagi usaha jasa pengiriman barang. Salah satu tantangan yang dihadapi persaingan antara penyedia jasa pengiriman barang yang semakin ketat akibat munculnya E-commerce seiring dengan bertambahnya penyedia jasa pengiriman barang yang baru. Sehingga dalam menghadapi persaingan bisnis, perusahaan harus lebih kompetitif dan memberikan pelayanan jasa dengan kualitas yang terbaik, yang diperlukan untuk mencapai kepuasan konsumen yang merupakan faktor penting demi tercapainya kualitas.

References

J. L. Walangare, “Analisis Pengaruh Faktor Kepuasan, Kepercayaan Dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di The Coffee Bean Mantos,” Emba, Issn 2303-1174, Vol. 7, No. 1, Pp. 581–590, 2019.

A. Z. S. Balido And B. Agus Setiono, “Analisis Prosedur Pelayanan Penjualan Tiket Kapal Terhadap Kepuasan Penumpang Pada Pt. Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Surabaya,” J. Apl. Pelayaran Dan Kepelabuhanan, Vol. 13, No. 2, Pp. 76–88, 2023, Doi: 10.30649/Japk.V13i2.92.

Y. Rahmi, “Analisis Pengaruh Strategi Service Recovery Yang Dilakukan Perbankan Terhadap Kepuasan Nasabah Di Kota Semarang,” J. Stie Semarang, Vol. 4, No. 2, P. 3, 2012.

B. D. Kuntari, S. Kumadji, And K. Hidayat, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Bengkel Pt Astra International Tbk-Daihatsu Malang),” J. Adm. Bisnis, Vol. 36, No. 1, Pp. 196–202, 2016, [Online]. Available: Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/87117-Id-Pengaruh-Kualitas-Pelayanan-Terhadap-Kep.Pdf

C. Lukita, S. Pranata, And K. Agustin, “Metode Servqual Dan Importance Performance Analysis Untuk Analisa Kualitas Layanan Jasa Pendidikan Tinggi Pada Mahasiswa Di Cirebon,” J. Digit, Vol. 9, No. 2, P. 167, 2020, Doi: 10.51920/Jd.V9i2.117.

D. Indrajaya, “Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis Dan Customer Satisfaction Index Pada Ukm Gallery,” J. Ikra-Ith Teknol., Vol. 2, No. 3, Pp. 1–6, 2018.

N. B. Ginting, “Pengaruh Disiplin Kerja Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Di Pt. Sekar Mulia Abdi Medan,” Ajie-Asian J. Innov. Entrep., No. May, P. 2, 2018.

F. Ilmu, A. Institut, I. Sosial, And D. Manajemen, “Kepuasan Pelanggan Abdul Gofur,” Vol. 4, No. 1, Pp. 37–44, 2019.

E. W. Surianti, “Pengaruh Proses Rekrutmen Dan Seleksi Terhadap Kinerja Pegawai,” J. Ilm. Smart, Vol. Ii, No. 1, Pp. 39–47, 2018

.

M. Agatha, “Analisis Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Batik Barong Gung Tulungagung,” J. Chem. Inf. Model., Vol. 3, No. 2, Pp. 27–35, 2018.

Downloads

Published

2024-03-30