Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap PDAM Wilayah Pelayanan II Makassar Dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Dan Importance Performance Analysis (IPA)

Authors

  • Afifah Amirah Soraya Universitas Muslim Indonesia
  • Rahmaniah Malik Universitas Muslim Indonesia
  • Nur Ihwan Safutra Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/jrsim.v2i1.520

Abstract

PDAM Wilayah Pelayanan II Makassar adalah suatu perusahaan daerah yang berwenang dalam menyediakan kebutuhan konsumsi air bersih bagi masyarakat yang berada di Timur Kota di Kota Makassar. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui atribut yang diinginkan pelanggan terkait kualitas pelayanan pengguna jasa pada bagian pengaduan dan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap perusahaan jasa PDAM Wilayah II Makassar. Adapun untuk pengumpulan data dilakukan penyebaran kuesioner yang dimana jumlah respondennya dari perhitungan penentuan sampel, jumlah populasi pelanggan PDAM Wilayah Pelayanan II Makassar sebanyak 23.843 maka dengan menggunakan rumus Slovin di dapatkan 400 jumlah sampel responden yang diambil secara acak. Untuk pengolahan data penelitian menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance and Performance Analysis (IPA). Dari hasil penelitian perhitungan menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) nilai kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan PDAM Wilayah Pelayanan II Makassar sebesar 77,06% yang artinya pelanggan puas dengan kualitas pelayanan yang diberikan, serta atribut yang diinginkan pelanggan terhadap kualitas pelayanan pada bagian pengaduan yaitu terdapat pada atribut di kuadran I pada metode Importance Performance Analysis (IPA), distribusi air PDAM berlangsung selama 24 jam sehari, informasi mengenai kendala penyaluran air PDAM melalui internet mudah diperoleh pelanggan, dan kualitas air PDAM dari segi rasa, bau, tingkat kejernihan sangat baik.

References

N. P. Putri And A. F. Z, “Manfaat Air Minum Bagi Kesehatan Peserta Didik Pada Tingkat Mi/Sd,” Al-Adzka J. Ilm. Pendidik. Guru Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 10, No. 1, Pp. 33–42, 2020, Doi: 10.18592/Aladzkapgmi.V10i1.3622.

M. O. Triono, “Akses Air Bersih Pada Masyarakat Kota Surabaya Serta Dampak Buruknya Akses Air Bersih Terhadap Produktivitas Masyarakat Kota Surabaya,” J. Ilmu Ekon. Terap., Vol. 3, No. 2, Pp. 143–153, 2018, Doi: 10.20473/Jiet.V3i2.10072.

E. Aronggear, C. Supit, And J. Mamoto, “Analisis Kualitas Dan Kuantitas Penggunaan Air Bersih Pt . Air Manado Kecamatan Wenang,” J. Sipil Statik, Vol. 7, No. 12, Pp. 1625–1632, 2019, [Online]. Available: Https://Ejournal.Unsrat.Ac.Id

R. Pahlawan, A. R. Laba, And E. Pakki, “Loyalitas Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum ( Pdam ) Kota Makassar,” J. Bus. Adm., Vol. 3, No. 2, Pp. 228–244, 2019.

R. A. Saputra And A. Rachmadi, “Penilaian Kualitas Layanan E-Government Dengan Pendekatan Dimensi E- Govqual Dan Importance Performance Analysis ( Ipa ) ( Studi Kasus Pada Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput., Vol. 2, No. 5, Pp. 1794–1802, 2018, [Online]. Available: Http://J-Ptiik.Ub.Ac.Id

A. Nurmahdi, “Customer Satisfaction Index For Transport Services,” Int. J. Econ. Bus. Adm., Vol. 7, No. 1, Pp. 192–199, 2019, Doi: 10.35808/Ijeba/205.

Rahayu Deny Danar Dan Alvi Furwanti Alwie, A. B. Prasetio, R. Andespa, P. N. Lhokseumawe, And K. Pengantar, “Analisis Kualitas Layanan E-Commerce Hni.Id Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Menggunakan Metode E-Servqual,” J. Ekon. Vol. 18, Nomor 1 Maret201, Vol. 2, No. 1, Pp. 41–49, 2020.

S. Sum, T. Champahom, And S. Jomnonkwao, “An Application Of Importance- Performance Analysis ( Ipa ) For Evaluating City Bus Service Quality In Cambodia,” Int. J. Adv. Res. Eng. Technol. (Ijaret)Nternational J. Build. Urban, Inter. Landsc. Technol., Vol. 13, Pp. 55–66, 2019, Doi: 10.14456/Built.2019.5.

P. J. Ginting, F. Wijaya, And C. Jung, “Improving Service Quality Towards Consumer Satisfaction On Gojek Transportation Services Using The Importance Perfomance Analysis (Ipa) Method,” Budapest Int. Res. Critics Inst. Humanit. Soc. Sci., Vol. 4, No. 2, Pp. 3250–3257, 2021, Doi: 10.33258/Birci.V4i2.2075.

S. Indexed, H. Dwiatmoko, D. Supriyatno, S. W. Mudjanarko, And S. Indonesia, “The Use Of Importance Performance Analysis In Evolution Of Jabodetabek,” Int. J. Adv. Res. Eng. Technol., Vol. 11, No. 11, Pp. 1083–1095, 2020, Doi: 10.34218/Ijaret.11.11.2020.099.

Downloads

Published

2024-03-30