Analisis Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Pada PT. Hadji Kalla Toyota Cabang Maros

Authors

  • Alfian Natsir Universitas Muslim Indonesia Makassar
  • Rahmaniah Malik Universitas Muslim Indonesia
  • A. Dwi Wahyuni P. Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/jrsim.v1i2.466

Abstract

Pengaruh brand image terhadap penurunan penjualan disuatu perusajaan dapat terjadi ketika brand image mengalami kerusakan atau negatif di mata konsumen. Salah satunya yaitu persaingan yang ketat. PT. Hadji Kalla Toyota cabang Maros merupakan Salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri otomotif, berupa penjualan dan service mobil merek Toyota yang terkenal diwilayah Indonesia Timur. Namun, saat ini PT. Hadji Kalla Toyota cabang Maros mengalami penurunan penjualan mobil yang dapat dilihat pada penjualan mobil dalam 3 tahun yang terakhir mengalami penurunan. Sehingga, mereka dituntut untuk memiliki suatu keunikan tersendiri yang dapat memikat konsumen dalam rangka merebut pangsa pasar yang ada. Dengan harapan produk yang dipasarkan dapat menembus pasar, serta mampu meraih pangsa pasar yang luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand Image terhadap keputusan pembelian mobil pada PT. Hadji Kalla Toyota Cabang Maros. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan analisis Regresi Linear berganda dengan beberapa pengujian yaitu uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, koefisien determinasi R2, uji signifikan simultan dan uji hipotesis secara parsial. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis linier berganda maka dapat disimpulkan bahwa brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mobil pada PT. Hadji Kalla Toyota Cabang Maros. Dimana b1 : 0,768 artinya Brand Image setiap perusahaan mengalami kenaikan 1% maka keputusan pembelian meningkat sebesar 0,768.

References

Abd Halim, Trie Hierdawati, and Amrizal, “Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Toyota Avanza pada PT Agung Toyota Sipin Jambi,” Jumanji (Jurnal Manaj. Jambi), vol. 4, no. 2, pp. 70–78, 2021, doi: 10.35141/jmj.v4i2.272.

T. Ahmad and N. Vays, “The impulse buying behavior of consumes for the FMCG products in jodhpur,” Aust. J. Basic Appl. Sci., vol. 5, no. 11, pp. 1704–1710, 2021.

H. M. Hermansyur and B. Aditi, “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga, Dan Promosi, Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Honda Di Kota Medan,” J. Konsep Bisnis dan Manaj., vol. 3, no. 1, pp. 11–21, 2018.

A. . Rumenngan, H. . T. H.N, and R. . Wenas, “Analisis Citra Merek, Kualitas Produk, dan Strategi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Ayla Cabang Manado,” J. EMBA, vol. 3, no. 2, pp. 1–11, 2020.

S. Lily and S. Darmoyo, “Effect Of Product Quality, Perceived Price and Brand Image On Purchase Decision Mediated By Customer Trust (Study On Japanese Brand Electronic Product).,” J. Manag., vol. 21, no. 2, pp. 1–16, 2018.

S. Ningsih and L. Pradanawati, “The Influence Of Brand Image, Price And Promotion On Purchase Decision (Case Study on Gea Geo Store),” Bus. Account. Res. Peer Rev. J., vol. 5, no. 3, pp. 1–12, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR.

J. Kim, Q. Forsythe, S., and S. Moon, “Cross-cultural consumer values, needs and purchase behavior,” J. Consum. Mark., vol. 19, no. 6, pp. 481–500, 2022.

W. Larika and S. Ekowati, “Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo,” J. Manaj. Modal Insa. Dan Bisnis, vol. 1, no. 1, pp. 128–136, 2020.

D. . Muis, “Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza.,” Ind. Inov. J. Tek. Ind., vol. 2, no. 1, pp. 1–14, 2019.

L. Nugroho and B. Istiyanto, “Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil (Studi Kasus Mobil LCGC di Surakarta),” Eksis J. Ris. Ekon. dan Bisnis, vol. 12, no. 1, pp. 1–8, 2017, doi: 10.26533/eksis.v12i1.75.

R. Agustin, S. Hendriani, and S. Syapsan, “The Effect Of Brand Image And Service Quality On The Decision To Choose With Word Of Mouth As Mediation Variable At Prof. Dr. Tabrani Hospital Pekanbaru,” Int. J. Econ. Bus. Appl., vol. 5, no. 2, 2019.

M. A. . Ambolau, A. Kusumawati, and M. . Mawardi, “The Influence Of Brand Awareness And Brand Image On Purchase Decision (Study On AQUA Consumers In Administrative Science Faculty Brawijaya University Class Of 2013,” J. Ekon. Dan Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 1–8, 2020.

Downloads

Published

2023-09-30