Perancangan Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Tas Menggunakan Metode Quatitative Strategic Planning Matrix (QSPM) Di Toko Elizabeth (Cabang Urip Sumoharjo Makassar)
DOI:
https://doi.org/10.33096/jrsim.v1i2.450Abstract
Toko Elizabeth merupakan distributor brand tas local yang bergerak di bidang produksi tas dengan kualitas yang dijamin. Kondisi menurunnya penjualan tas akan mempengaruhi kinerja dan pertumbuhan perusahaan. Oleh karena itu, Perusahaan perlu merancang strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan mempertahankan posisi di pasar. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah merumuskan strategi pemasaran yang sesuai untuk diterapkan oleh Toko Elizabeth untuk meningkatkan penjualan. Dengan bantuan metode quatitative strategic planning matrix (QSPM). QSPM merupakan suatu Teknik mengidentifikasi alternatif strategi yang sesuai atau terbaik bagi kondisi perusahaan. Hasil penelitian adalah jenis strategi yang cocok digunakan adalah strategi intensif. Dan terdapat dua alternatif strategi yang di prioritaskan yaitu membangun dan mengembangkan usaha dengan skor TAS sebesar 6.24 dan menciptakan serta mengembangkan produk dengan variasi yang baru dengan total nilai TAS sebesar 6.21.
References
Akbar, M. J., Qurtubi, Q., & Maghfiroh, M. F. N. (2022). Perancangan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT dan QSPM untuk Meningkatkan Penjualan Beras. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 8(1), 61–67. https://doi.org/10.30656/intech.v8i1.4595
Kelly, T. P. M. F. (2020). Manajemen Pemasaran. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 8(2), 68–78.
Farid, M. S., Cavicchi, A., Rahman, M. M., Barua, S., Ethen, D. Z., Happy, F. A., Rasheduzzaman, M., Sharma, D., & Alam, M. J. (2023). Assessment of marketing mix associated with consumer’s purchase intention of dairy products in Bangladesh: Application of an extended theory of planned behavior. Heliyon, 9(6), e16657. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e16657
Pakpahan, S., & Sipayung, T. T. (2015). Formulasi Dan Pemilihan Strategi Dengan Menggunakan Teknik Quantitative Strategic Planning Matrix (qspm)(studi Kasus Pada Penyelenggara Jasa Internet Nethost Di Dayeuh Kolot, Kabupaten Bandung). EProceedings of Management, 2(3), 2723–2731.
Ani Susilowati, Ahmad Yusuf, Bilqis Fitri Amanda, Ayu Wahyuni, & Vicky F Sanjaya. (2020). Analisis Strategi Keunggulan Bersaing Dengan Pendekatan Analisis Swot Dan Metode Qspm (Studi Kasus Murbay Konveksi). Jurnal Health Sains, 1(3), 124–129. https://doi.org/10.46799/jsa.v1i3.52
Fretes, R. A. De, Santoso, P. B., Soenoko, R., Astuti, M., Teknikmesin, M., Doktor, D., & Ub, F. B. (2013). Strategi Perencanaan Dan Pengembangan Industri Pariwisata Dengan Menggunakan Metode Swot Dan Qspm (Studi Kasus Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon). Jurnal Rekayasa Mesin, 4(2), 109–118.
Hassen Mehrez, K., Khemira, H., & Mohammed Medabesh, A. (2023). Marketing strategies for value chain development: Case of Khawlani coffee-Jazan Region, Saudi Arabia. Journal of the Saudi Society of Agricultural Sciences, xxxx. https://doi.org/10.1016/j.jssas.2023.04.004
Prayudi, D., & Yulistria, R. (2020). Penggunaan Matriks SWOT dan Metode QSPM pada Strategi Pemasaran Jasa Wedding Organizer: Studi Kasus pada UMKM Gosimplywedding Sukabumi. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 225. https://doi.org/10.30588/jmp.v9i2.516
Sasmitapraja, R. F., Industri, F. R., Telkom, U., Praptono, B., Industri, F. R., Telkom, U., Sagita, B. H., Industri, F. R., & Telkom, U. (2023). Perancangan Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan pada Dhifi Furniture dengan Menggunakan Metode QSPM. 10(3), 2899–2903.
Mujiastuti, R., Latifah, R., & Hendra, H. (2019). Penentuan Jenis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT dan QSPM Pada UMKM Fashion di Kelurahan Penggilingan Berbasis Teknologi. Jurnal Ilmiah FIFO, 11(1), 52. https://doi.org/10.22441/fifo.2019.v10i1.006