Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Listrik Pascabayar Dengan Menggunakan Metode Customer Satisfantion Index (CSI) Dan Importance Performance Analysis (IPA) Pada PT PLN ULP Lakawan Kab. Enrekang

Authors

  • Intan hajar Universitas Muslim Indonesia
  • Lamatinulu Universitas Muslim Indonesia
  • Yan Herdianzah Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/jrsim.v1i2.443

Abstract

PT.PLN merupakan perusahaan penyedia jasa kelistrikan terbesar di Indonesia. Perusahaan ini telah banyak memberikan kontribusi yang besar dalam memasok kebutuhan listrik untuk masyarakat. Listrik pascabayar adalah layanan pembayaran listrik yang dilakukan akhir bulan atau ketika siklus pembayaran terjadi. Listrik pasca bayar juga mempunyai beberapa kelemahan salah satu kelemahan metode pascabayar adalah kesulitan dalam pencatatan konsumsi energi listrik yang membutuhkan usaha yang lebih seperti pekerja pencatat meteran listrik, transportasi dan waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tingkat kepuasan dan kepentingan pelanggan dengan metode customer satisfaction index (CSI) dan importance performance analysis (IPA). Dan mengetahui indikator-indikator apa yang perlu di tingkatkan PT. PLN ULP Lakawan di Kab. Enrekang. Hasil dari penelitian adalah dengan metode CSI diketahui tingkat kepuasan memperoleh hasil 84.48% artinya sangat puas. Pada tingkat kepentingan dengan diagram cartesius ditemukan indikator yang dianggap penting terutama yang berada pada kuadran I. Indikator tersebut adalah X1 dimana penampilan petugas yang selalu mengenakan tanda pengenal yang jelas tentang PLN dan indikator X16 dimana mudah dihubungi pelanggan dalam masalah pengaduan masih belum naik sehingga perlu di perbaiki dan menjadi prioritas utama.

References

Pratama, Yudi, Imam Heryanto, Ashila Dwiyanisa, And Imelda Megawati. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen.”Majalah Bisnis & Iptek 14 (2) :56–68. Doi: 10.55208 /Bistek. V14i2. 231.

Teddy Chandra dan Devy Novia. 2020 Analisis Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA) pada Optik “Jakarta” Pekanbaru Vol 1 Hal. 95

Hatmawan, Aglis Andhita. 2015. “Pengaruh Konflik Kerja, Beban Kerja Serta Lingkungan Kerja Terhadap Stres Pegawai PT. PLN (Persero) Area Madiun Rayon Magetan.” Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan Vol 4(1)Halaman:91.

Markoni. 2015. “Analisis Kepuasan Pelanggan PT PLN (Persero) Terhadap Proses Pemasangan Listrik Prabayar (Studi Kasus PT PLN WS2JB Rayon Sukarami).” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya 13(4):487–89.

Dhanti, Dini Rama, Supri Hartono, Program Study, Administrasi Publik, Fakultas Ilmu, Sosial Dan, And Ilmu Politik. 1945. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT . PLN ( Persero ) Rayon Cepu.” 1–8.

Eka H, Santoso I, Anggarini S. 2013. Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen menggunakan metode IPA dan CSI studi kasus pada Toko Oen, Malang: Jurnal Teknologi Industri Pertanian Vol 1 Halaman 35.

Teddy Chandra dan Devy Novia. 2020 Analisis Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA) pada Optik “Jakarta” Pekanbaru Vol 1 Hal. 95

Rizal A. Duyo. 2020. Analisis Penyebab Gangguan Jaringan Pada Distribusi Listrik Menggunakan Metode Fault Treeanalysisdi PT. PLN (Persero) Rayon Daya Makassar. Vol. 12. Hal. 33

Pemayun AAGM. 2014. Analisa kepuasan pelanggan listrik PT PLN (Persero) Distribusi Bali [Tesis]. Bali (ID): Universitas Udayana.

Saktiani. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Word of Mouth. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Vol. 4, No. 2, ISSN. 2442-6962. https://media.neliti.com/187973-ID. Diakses 19 Februari 2018.

Husna, S., & Syukri, A. (2014). Penerapan Customer Satisfaction Index (CSI) Dan Analisis Gap Pada Kualitas Pelayanan, Vol. 1 Hal 135

Supranto, J. 1997. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Rineke Ipta. Vol. 2 Hal. 45.

Dian Anggraini, Lulu, Panji Deoranto, And Dhita Morita Ikasari. N.D. Analisis Persepsi Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis Dan Customer Satisfaction Index The Analysis Of Consumer Perception Used Importance Performance Analysis Method And Customer Satisfaction Index. Vol. 4. Hal. 89

Chandra, Teddy, And Devy Novia. 2019. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen Analysis Of Service Quality And Customer Satisfaction Using Customer Satisfaction Index (CSI) And Importance Performance Analysis (IPA) Method In “Jakarta” Optical Pekanbaru. Vol. 7.

Biringkanae, A. (N.D.). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Di PT PLN (Persero) Rayon Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Vol. 1 Hal. 169

Downloads

Published

2023-09-30