PENGEMBANGAN PRODUK COKELAT DENGAN METODE QFD(QUALTY FUNCTION DEPLOYMENT) STUDI KASUS PADA PABRIK KAKAO SMK SMTI MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.33096/jmpe.v2i1.694Keywords:
Ore Nikel, Kadar Air, Zona GradasiAbstract
SMK SMTI Makassar adalah unit pendidikan dibawah binaan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Industri, Kementrian Perindustrian RI. Sekolah ini adalah satu-satunya sekolah yang memiliki pabrik yaitu pabrik kakao sejak tahun 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap kualitas rasa dan jenis kemasan produk coklat dari pabrik cokelat SMK-SMTI SMTI Makassar untuk keperluan peningkatan pengembangan produk menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Studi kasus mengenai persepsi masyarakat dilakukan terhadap para siswa SMK-SMTI Makassar. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan menyebarkan kuisioner kepada 84 orang responden yang dianggap sebagai konsumen potensial. Analisis data yang dilakukan yaitu tahap pengumpulan Voice Of Customer, SPSS 25, serta penyusunan House Of Quality. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menujukkan bahwa untuk melakukan pengembangan produk kemasan cokelat terdapat 4 atribut. Atribut yang diprioritaskan pada penelitian ini adalah kemasan dengan nilai prioritas rata-rata sebesar 2,309. Peningkatan pemasaran produk coklat dapat dipakukan dengan peningkatan kemasan cokelat sesuai dengan HOQ (House Of Quality)