Karakterisasi Sifat Mekanik Dan Struktur Mikro Assab 608 Hasil Perlakuan Panas Untuk Aplikasi Outer Oleo Strut Landing Gear

Authors

  • Muhammad Halim Asiri Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33536/jcpe.v7i1.798

Keywords:

Outer oleo strut, ASSAB 608, Perlakuan panas, Karakterisasi

Abstract

Outer oleo strut adalah salah satu komponen landing gear yang berfungsi sebagai penopang benturan pendaratan dan meredam osilasi output vertikal. Outer oleo strut dibuat dengan material ASSAB 608 melalui proses perlakuan panas. ASSAB 608 adalah baja paduan rendah dengan unsur pemadu utama yaitu chromium, molybdenum dan nikel. Baja jenis ini mempunyai keuletan, ketangguhan, kekuatan yang tinggi dan ketahanan terhadap beban impak. Metode yang digunakan adalah perlakuan panas. Proses pemanasan dilakukan ditemperatur austenit (950ºC) ditahan selama 30 menit dan didinginkan secara cepat di oli, kemudian dilanjutkan dengan proses temper pada temperatur 300 ºC. Untuk mengetahui karakteristik hasil proses, maka dilakukan pemeriksaan komposisi, pengujian kekerasan, pengujian impak, dan pengujian metalografi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. B. Son, Lovely, Firman Zain, “METAL : Jurnal Sistem Mekanik dan Termal Analisis Respon Landing Gear pada Pesawat Tanpa Awak Saat Mendarat,” vol. 02, pp. 87–93, 2020.

A. J. Ramadhan, I. Agustina, and M. Gufroni, “Perancangan Visualisasi Tiga Dimensi (3D) Pesawat Lepas Landas,” JOINTECS (Journal Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 2, no. 2, pp. 89–92, 2017, doi: 10.31328/jointecs.v2i2.476.

Nugroho Rizky, Handi, Yusrizal, and Sugiyanto Didik, “Metalik: Jurnal Manufaktur, Energi, Material Teknik,” Met. Manufaktur, Energi, Mater. Tek., vol. 1, no. 1, pp. 39–45, 2022, [Online].Available: http://https//journal.uhamka.ac.id/index.php/metalik.

D. S. Nur Alam, P. Ambardi, and D. H. Prajitno, “Pengaruh Perlakuan Pelarutan Terhadap Sifat Mekanik Dan Struktur Mikro Paduan Terner Zr-Nb-Mo Untuk Biomaterial,” Maj. Ilm. Pengkaj. Ind., vol. 13, no. 1, pp. 15–22, 2019, doi: 10.29122/mipi.v13i1.3089.

Y. Hestiningrum, “Pemodelan dan Analisis Pengaruh Perubahan Parameter Sistem Suspensi Oleo-Pneumatic Terhadap Gaya Redam Dan Gaya Pegas Serta Respn Dinamis Penumpang Pesawat Boeing 747-400 Saat Proses Landing Dan Takeoff,” 2016.

Paksy, “Kerusakan Nose Wheel Steering Pada Pesawat Boeing 737 – 200 Series,” Kerusakan Nose Wheel Steer. Pada Pesawat Boeing 737 –200 Ser., vol. 4, no. 1, pp. 39–53, 2017.

M. F. Rahman, P. Sarjana, J. T. Mesin, and F. T. Industri, “Sisi Kompresi Dan Ekspansi Dengan Variasi Diameter Piston , Orifice , Piston Rod Terhadap Gaya Redam Dan Respon Dinamis Sepeda Motor Yamaha Mio J Modelling and Analysis of the Effect of Compression and Expansion Sides Area With Variation of Piston , Orifi,” 2017.

A. Alhamidi, “Proses Quenching and Partitioning Terhadap Sifat Mekanik Baja Karbon Medium,” J. Rekayasa Mesin, vol. 15, no. 2, p. 118, 2020, doi: 10.32497/jrm.v15i2.1869.

I. Fadhilah, “Analisis Struktur Mikro ( Metalografi ),” J. Ilm., p. 1, 2018.

B. Hermani, “Identifikasi Sukucadang Sepeda Motor Standar Pada Beban Hubungan Karakterisasi Dan Kuantitatif Bahan Baja Asli Abstrak Metallograpi,” vol. 10, no. 1, pp. 33–46, 2019.

Downloads

Published

31-05-2022

How to Cite

Karakterisasi Sifat Mekanik Dan Struktur Mikro Assab 608 Hasil Perlakuan Panas Untuk Aplikasi Outer Oleo Strut Landing Gear. (2022). Journal of Chemical Process Engineering, 7(1), 58-63. https://doi.org/10.33536/jcpe.v7i1.798