ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PENJUALAN TANAH KAVLING MENGGUNAKAN METODE ANALISIS SWOT PADA PT. ILTIZAM MANDALA SYARIAH
DOI:
https://doi.org/10.33096/japsi.v1i3.729Abstract
Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab penurunan minat pembelian kavling wisata alam religi di PT. Iltizam Mandala Syariah dan merumuskan strategi pemasaran yang tepat berdasarkan analisis SWOT guna meningkatkan penjualan.
Desain/Metodologi/Pendekatan: Metodologi penelitian dilakukan di PT. Iltizam Mandala Syariah dengan menggunakan analisis SWOT untuk mengevaluasi faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi penjualan kavling wisata alam religi
Temuan/Hasil: Ditemukan bahwa kekuatan internal perusahaan meliputi keaktifan dalam pembelajaran marketing, pelayanan 24 jam, dan popularitas kavling wisata alam religi yang tinggi. Namun, kelemahan seperti kurangnya devisi pemasaran dan penggunaan fitur iklan yang tidak maksimal turut memengaruhi kinerja perusahaan.
Dampak: Dengan identifikasi faktor internal dan eksternal melalui analisis SWOT, perusahaan dapat mengambil langkah-langkah strategis yang lebih terarah untuk mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ada.
Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwaa teridentifikasi faktor-faktor penyebab penurunan minat pembelian kavling wisata alam religi, seperti kurangnya devisi pemasaran dan penggunaan fitur iklan yang tidak maksimal. Analisis SWOT menunjukkan perusahaan memiliki posisi internal yang kuat (total skor 3,47) dan mampu merespon peluang serta menghindari ancaman (total skor 3,14). Dalam diagram Cartesius, perusahaan berada pada kuadran growth, yang menguntungkan. Rekomendasi strategi adalah mendukung kebijakan agresif (Growth Oriented Strategy) untuk memaksimalkan kekuatan dan menyeimbangi pesaing.
References
Assylla, S., & Nugraha. (2022). Perancangan Strategi Pemasaran dengan Pendekatan Analisis SWOT dan Metode TOPSIS. Jurnal Riset Teknik Industri, 2(2), 129–140. https://doi.org/10.29313/jrti.v2i2.1283
Bora, M. A., & Sahli, M. (2020). Analisa Strategi Pemasaran Penjualan MartabakMengunakan Metode SWOT. Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI), 5(2), 25–35. https://doi.org/10.3652/jt-ibsi.v5i02.249
Sofiah, M., Ramadhani, S., Ahmadi, N., & Rahmani, B. (2023). Analisis pengaruh bauran pemasaran 4p (product, price, promotion, and place) terhadap keputusan pembelian pada usaha mikro kecil menengah (UMKM). Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 16(2), 122–141. https://doi.org/10.26623/jreb.v16i2.7288
Fachruddin, S. A., & Nugraha. (2022). Perancangan Strategi Pemasaran dengan Pendekatan Analisis SWOT dan Metode TOPSIS. Jurnal Riset Teknik Industri, 2(2), 129–140. https://doi.org/10.29313/jrti.v2i2.1283
Febriyanti, N. N. M., Leksono, V. A., Rizalmi, S. R., & Sulaiman, M. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Roti Menggunakan Metode Promotion Mix Dan AHP (Studi Kasus Pada UMKM X Bakery Balikpapan). JATI UNIK : Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri, 6(2), 14–25. https://doi.org/10.30737/jatiunik.v6i2.3351
Fole, A. (2022). Peningkatan Kinerja Pada Industri Kerajinan Songko Recaa (Studi Kasus : UKM ISR Bone). https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/39404
Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society, 3(3), 651–659. https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.2799
Kurniadi, D., & Rahmadi, A. (2021). Analisis Srategi Pemasaran Guna Pengembangan Usaha Umkm Kerupuk Merah Jati Dengan Menggunakan Swot. Jurnal Teknik Industri Terintegrasi (JUTIN), 4(2), 44–52. https://doi.org/10.31004/jutin.v4i2.3604
Miati, I., & Tresna, P. W. (2020). Bauran Pemasaran Pada Batik Gendheis Kota Banjar. AdBispreneur, 5(2), 129. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v5i2.26538
Narto, & HM, G. B. (2020). Penguatan Strategi Pemasaran Pudak di Tengah Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Gresik. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 6(1), 48–54. https://doi.org/10.30656/intech.v6i1.2195
Ningrat, N. K., Hilman, M., & Maulana, R. (2022). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Pikset Dengan Metode Ahp Dan Swot Di Ikm Jayasari Ciamis. Jurnal Media Teknologi, 8(2), 139–151. https://doi.org/10.25157/jmt.v8i2.2679
Nursalam, F., & Yunanda, W. W. (2023). Analisis SWOT Dalam Manajemen Rantai Pasok Industri Pertahanan. In Jurnal Teknik Industri (Vol. 9, Issue 1). https://doi.org/10.24014/jti.v9i1.21820
Pratama, A. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Jasa Percetakan dengan Menggunakan Metode SWOT dan Analyitc Hierarchy Process. JOURNAL OF INDUSTRIAL AND MANUFACTURE ENGINEERING, 4(1), 12–21. https://doi.org/10.31289/jime.v4i1.2972
Sari, W. P., Jurnal, H., & Obadja, N. N. (2023). Analisis Studi Kelayakan Bisnis Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kue Bangkit Kenanga Ditinjau dari Aspek Pemasaran dan Manajemen (Vol. 11, Issue 1). https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v11i1.1880
Semnasti, R. N., Dewi, S., & Apriyanti, Y. (2023). Strategi Pemasaran Pengembangan Usaha Menggunakan Metode Analisis SWOT dan QSPM di Industri TI. WALUYO JATMIKO PROCEEDING, 16(1), 501–510. https://doi.org/10.33005/wj.v16i1.74
Sutrisno, W., Ain, K. Q., Baraba, S. A. A., Fadla, F., Rosada, R. S., & Aminullah, M. (2023). Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Analisis SWOT untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Ayam Petelur. https://doi.org/10.20885/jattec.vol4.iss1.art5
Tanisri, R. H. A., & Salima, S. (2022). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Menggunakan Metode SWOT dan AHP pada Industri Pembuatan Tahu. Jurnal Teknik Industri, 3(2), 49–58. https://doi.org/10.37366/jutin.v3i02.1439
Yanto, H. A., & Nugraha. (2022). Perancangan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode QSPM di Café X Indramayu. Jurnal Riset Teknik Industri, 2(1), 65–72. https://doi.org/10.29313/jrti.v2i1.947
Zahrah, A., & Mandey, S. L. (2021). Analisis Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Pada Umkm Rm. Solideo Kawasan Bahu Mall Manado Marketing Mix Analysis Toward Sales Volume At Rm. Solideo Bahu Mall Manado Msme. Mangantar 216 Jurnal EMBA, 9(4), 216–226. https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.36216
Zamista, A. A., & Hanafi. (2020). Analisis SOAR pada Strategi Pemasaran di Industri Jasa Finance. In Jurnal Teknik Industri (Vol. 6, Issue 1). https://doi.org/10.24014/jti.v6i1.9335
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JAPSI : Jurnal Aplikasi dan Pengembangan Sistem Industri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.