ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DENGAN METODE SWOT DAN QSPM

Authors

  • Nurul Fatimah Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Pawennari Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/japsi.v1i1.57

Abstract

Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk mengeveluasi strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan dengan menggunakan analisis SWOT dan QSPM, melalui studi kasus yang dilakukan pada Usaha Bumdes Rompeganding.

Desain/Metodologi/Pendekatan: Metode penelitian ini melibatkan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) untuk mengevaluasi lingkungan internal dan eksternal Usaha Bumdes Rompeganding, dengan fokus pada strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan.

Temuan/Hasil: Berdasarkan hasil matriks IFE diketahui bahwa kekuatan utama Bumdes Rompegading adalah rasa yang enak dengan skor 0,24 dan kelemahan utama adalah area parkir yang kurang luas dengan skor 0,24. Sedangkan berdasarkan hasil matriks EFE diketahui bahwa peluang utama yang dimiliki oleh Bumdes Rompegading karena berkembangnya teknologi dengan skor 0,3 dan ancaman terbesar yaitu masuknya pesaing baru dengan skor 0,3.

Dampak: Penelitian ini berdampak pada penguatan strategi pemasaran, meningkatkan penjualan, memahami faktor internal dan eksternal, serta menghadapi persaingan pasar.

Kesimpulan: Hasil dari analisis SWOT dihasilkan 7 alternatif strategi yang dapat dipilih oleh perusahaan dan berdasarkan matriks QSPM, dari 7 alternatif strategi yang ada terdapat satu strategi yang diprioritaskan untuk dilakukan oleh perusahaan yaitu menjamin kualitas produk yang ditawarkan demi membangun cita yang lebih baik di mata konsumen dengan skor tertinggi 6,951.

References

Aduski, E., Hadi, P., & Ishaq, R. M. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Produk Digital CRM di PT Infomedia Nusantara (Vol. 19, Issue 2). https://doi.org/10.33557/mbia.v19i2.892

Akbar, M. J., Qurtubi, & Maghfiroh, M. F. N. (2022). Perancangan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT dan QSPM Untuk Meningkatkan Penjualan Beras. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 8, 61–67. https://doi.org/10.30656/intech.v8i1.4596

Amarta, Z., & Ma’rifah, J. D. (2021). Peramalan Penjualan Produk Furniture Dengan Metode Backpropagation Neural Network. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 9(1), 29–35. https://doi.org/10.24912/jitiuntar.v9i1.9510

Assylla, S., & Nugraha. (2022). Perancangan Strategi Pemasaran dengan Pendekatan Analisis SWOT dan Metode TOPSIS. Jurnal Riset Teknik Industri, 2(2), 129–140. https://doi.org/10.29313/jrti.v2i2.1283

Fachruddin, S. A., & Nugraha. (2022). Perancangan Strategi Pemasaran dengan Pendekatan Analisis SWOT dan Metode TOPSIS. Jurnal Riset Teknik Industri, 2(2), 129–140. https://doi.org/10.29313/jrti.v2i2.1283

Fauzi, A., Prayogo, A., Luthfiana, H., Pertama, N. A., Setyawati, P., & Rahellea, S. L. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penjualan Dalam Unit Yang Diperlukan Untuk Mencapai Target Laba Pada Perusahaan Dagang: Produk, Harga Dan Promosi (Literature Review Akuntansi Manajemen). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(5), 505-512. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i5

Fole, A. (2022). Peningkatan Kinerja Pada Industri Kerajinan Songko Recaa (Studi Kasus : UKM ISR Bone). https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/39404

Fole, A. (2023). Perancangan Strategi Mitigasi Risiko Pada Proses Bisnis CV. JAT Mengunakan Metode House of Risk. Journal of Industrial Engineering Innovation, 1(02), 54-64. https://doi.org/10.58227/jiei.v1i02.109

Haekal, J. (2022). Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) in Determining Alternative Strategies for the Covid-19 Epidemic in the Food and Beverage Manufacturing Companies in Indonesia. International Journal of Scientific and Academic Research, 02(04), 01–10. https://doi.org/10.54756/ijsar.2022.v2.i4.1

Harisudin, M., Adi, R. K., & Qonita, R. R. A. (2022). Synergy Grand Strategy Matrix, SWOT and QSPM As Determinants Of Tempeh Product Development Strategy. Journal of Sustainability Science and Management, 17(8), 62–82. https://doi.org/10.46754/jssm.2022.08.004

Hermawan, R., & Suseno. (2022). Analisis Peramalan Penjualan Produk Nutrisi Dengan Metode ARIMA dan SARIMA Pada PT Sapto Bumi Hidroponik. In Junal Ilmiah Teknik Industri Prima) (Vol. 5, Issue 2). https://doi.org/10.34012/juritiprima.v5i2.2253

Indrasari, L. D., & Widodo, S. R. (2020). DEVELOPMENT OF BUSINESS STRATEGIES USING QSPM AND SWOT ON SNAIL CHIPS. Journal of Engineering and Management in Industrial System, 8(2), 79–87. https://doi.org/10.21776/ub.jemis.2020.008.02.7

Irfan, A. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Rumah Terhadap Penigkatan Volume Penjualan Pada PT. Clarimond Astro Makassar. YUME: Journal of Management, 4(2), 155–161. https://doi.org/10.37531/yum.v4i2.855

Kusrini, E., Safitri, K. N., & Fole, A. (2020). Design Key Performance Indicator for Distribution Sustainable Supply Chain Management. 2020 International Conference on Decision Aid Sciences and Application, DASA 2020, 738–744. https://doi.org/10.1109/DASA51403.2020.9317289

Kusrini, E., Safitri, K. N., & Fole, A. (2022). Mitigasi Risiko di Distribusi Sustainable Supply Chain Management Menggunakan Metode House Of Risk (HOR). Integrasi: Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 7(1), 14-23. https://doi.org/10.32502/js.v7i1.4348

Mail, A., Chairany, N., & Fole, A. (2019). Evaluation of Supply Chain Performance through Integration of Hierarchical Based Measurement System and Traffic Light System: A Case Study Approach to Iron Sheet Factory. Int. J Sup. Chain. Mgt Vol, 8(5), 79-85. https://doi.org/10.59160/ijscm.v8i5.2584

Narto, & HM, G. B. (2020). Penguatan Strategi Pemasaran Pudak di Tengah Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Gresik. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 6(1), 48–54. https://doi.org/10.30656/intech.v6i1.2195

Permata, E. G., Suherman, & Aini, R. (2020). Strategi Pemasaran Islami dalam Meningkatkan Penjualan Produk dengan Matrik BCG dan SWOT Analisis. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri, 6(2), 93-99. https://doi.org/10.24014/jti.v6i2.9875

Semnasti, R. N., Dewi, S., & Apriyanti, Y. (2023). Strategi Pemasaran Pengembangan Usaha Menggunakan Metode Analisis SWOT dan QSPM di Industri TI. WALUYO JATMIKO PROCEEDING, 16(1), 501–510. https://doi.org/10.33005/wj.v16i1.74

Sutrisno, W., Ain, K. Q., Baraba, S. A. A., Fadla, F., Rosada, R. S., & Aminullah, M. (2023). Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Analisis SWOT untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Ayam Petelur. Journal of Appropriate Technology for Community Services, 4(1), 35-42. https://doi.org/10.20885/jattec.vol4.iss1.art5

Zamista, A. A., & Hanafi. (2020). Analisis SOAR pada Strategi Pemasaran di Industri Jasa Finance. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri, 6(1), 27-33. https://doi.org/10.24014/jti.v6i1.9335

Downloads

Published

2023-03-15 — Updated on 2023-06-30

Versions

How to Cite

Fatimah, N., & Pawennari, A. (2023). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DENGAN METODE SWOT DAN QSPM. JAPSI : Jurnal Aplikasi Dan Pengembangan Sistem Industri, 1(1), 35–43. https://doi.org/10.33096/japsi.v1i1.57 (Original work published March 15, 2023)