STRATEGI PEMASARAN PRODUK KARTUHALO TELKOMSEL UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN

Authors

  • Sri Anita Novianti Universitas Muslim Indonesia
  • Muhammad Dahlan Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/japsi.v1i1.56

Abstract

Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi penyebab menurunnya strategi pemasaran produk KartuHalo di PT Infomedia Nusantara, serta merumuskan strategi pemasaran yang akan digunakan guna meningkatkan volume penjualan produk.

Desain/Metodologi/Pendekatan: Metode yang digunakan yaitu Analisis regresi berganda dan Analisis SWOT dimana dengan menggunakan analisis regresi berganda dapat diketahui penyebab menurunnya penjualan sedangkan metode analisis SWOT digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weakness), peluang (Opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu perusahaan.

Temuan/Hasil: Dari hasil analisa terdapat 4 variabel yaitu produk, harga, promosi dan tempat penyebab menurunnya volume penjualan. Dari hasil analisa produk kartuhalo telkomsel berada pada kuadran I atau growth dengan nilai kekuatan (2,35) sementara kelemahan (0,65), dengan demikian kartuhalo telkomsel tergolong dalam usaha yang berkembang dan memiliki posisi yang kuat dan berpeluang.

Dampak: Penelitian ini memiliki potensi untuk memberikan dampak positif bagi PT Infomedia Nusantara dengan memberikan wawasan yang mendalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi penurunan volume penjualan KartuHalo

Kesimpulan: Analisis menyoroti faktor produk, harga, promosi, dan distribusi yang mempengaruhi penjualan KartuHalo. KartuHalo Telkomsel berada pada kuadran I dengan kekuatan yang signifikan. Rekomendasi strategi meliputi inovasi promosi dengan kata-kata menarik dan pendekatan kreatif dalam pengenalan produk. Langkah-langkah ini diharapkan meningkatkan daya saing perusahaan dan volume penjualan KartuHalo.

References

Abbas, M., Kessi, M. F., & Tajuddin, I. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Produk Kartu Halo Telkomsel. AkMen JURNAL ILMIAH, 19(2), 195–208. https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/akmen/article/view/2980/1359

Aduski, E., Hadi, P., & Ishaq, R. M. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Produk Digital CRM di PT Infomedia Nusantara. MBIA, 19(2), 153-169. https://doi.org/10.33557/mbia.v19i2.892

Akbar, M. J., Qurtubi, & Maghfiroh, M. F. N. (2022). Perancangan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT Dan QSPM Untuk Meningkatkan Penjualan Beras. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 8, 61–67. https://doi.org/10.30656/intech.v8i1.4596

Anas, N., & Sapri. (2022). Komunikasi antara Kognitif dan Kemampuan Berbahasa. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(1), 1-8. https://doi.org/10.30821/eunoia.v1i1.997

Bora, M. A., & Sahli, M. (2020). Analisa Strategi Pemasaran Penjualan MartabakMengunakan Metode SWOT. Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI), 5(2), 25–35. https://doi.org/10.3652/jt-ibsi.v5i02.249

Fachruddin, S. A., & Nugraha. (2022). Perancangan Strategi Pemasaran dengan Pendekatan Analisis SWOT dan Metode TOPSIS. Jurnal Riset Teknik Industri, 2(2), 129–140. https://doi.org/10.29313/jrti.v2i2.1283

Fadhillah, K. N., Abdurrahman, L., & Mulyana, R. (2020). Pemodelan Nilai Teknologi Informasi Terhadap Performansi Kinerja Karyawan Di Pt Infomedia Nusantara Jakarta Divisi Information Technology Solution Development Menggunakan Metode Structural Equation Model Berbasis Varian. eProceedings of Engineering, 7(2), 7131-7139. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/view/12731/12454

Felayati, A. A. A., Budiharti, N., & Suardika, I. B. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pada Usaha Home Industri 35 Screen Printing Di Era Pandemi Covid–19. Jurnal Valtech, 4(2), 104–109. https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/3835/2809

Fole, A. (2022). Peningkatan Kinerja Pada Industri Kerajinan Songko Recaa (Studi Kasus : UKM ISR Bone). https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/39404

Handoko, S., Fauziah, F., & Handayani, E. T. E. (2020). Implementasi Data Mining Untuk Menentukan Tingkat Penjualan Paket Data Telkomsel Menggunakan Metode K-Means Clustering. Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Rekayasa, 25(1), 76–88. https://doi.org/10.35760/tr.2020.v25i1.2677

Irfan, A. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Rumah Terhadap Penigkatan Volume Penjualan Pada PT. Clarimond Astro Makassar. YUME: Journal of Management, 4(2), 155–161. https://doi.org/10.37531/yum.v4i2.855

Kusrini, E., Safitri, K. N., & Fole, A. (2022). Mitigasi Risiko di Distribusi Sustainable Supply Chain Management Menggunakan Metode House Of Risk (HOR). Journal of Industrial Engineering Innovation, 1(02), 54-64. https://doi.org/10.32502/js.v7i1.4348

Mail, A., Chairany, N., & Fole, A. (2019). Evaluation of Supply Chain Performance through Integration of Hierarchical Based Measurement System and Traffic Light System: A Case Study Approach to Iron Sheet Factory. Int. J Sup. Chain. Mgt Vol, 8(5), 79-85. https://doi.org/10.59160/ijscm.v8i5.2584

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(2), 1-10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8

Marbun, N. J., Mahmud, S. F., & Maghfira, Y. (2021). Strategi Pemasaran Alat Olahraga Toko Yonex Sport Di Kota Dumai. Jurnal ARTI (Aplikasi Rancangan Teknik Industri), 16(1), 99-106. https://ejurnal.sttdumai.ac.id/index.php/arti/article/view/199/143

Narto, & HM, G. B. (2020). Penguatan Strategi Pemasaran Pudak di Tengah Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Gresik. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 6(1), 48–54. https://doi.org/10.30656/intech.v6i1.2195

Sulasmita, D. D., MZ, H., & Aprilyanti, S. (2022). Perancangan Strategi Bersaing Pada Produk Digital Banking Dengan Menggunakan Analisis SWOT. Jurnal Desiminasi Teknologi, 10(1), 25–32. https://doi.org/10.52333%2Fdestek.v10i1.855

Sutrisno, W., Ain, K. Q., Baraba, S. A. A., Fadla, F., Rosada, R. S., & Aminullah, M. (2023). Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Analisis SWOT untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Ayam Petelur. Journal of Appropriate Technology for Community Services, 4(1), 35-42. https://doi.org/10.20885/jattec.vol4.iss1.art5

Zamista, A. A., & Hanafi. (2020). Analisis SOAR pada Strategi Pemasaran di Industri Jasa Finance. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri, 6(1), 27-33. https://doi.org/10.24014/jti.v6i1.9335

Zulhandayani, F., Rezeki, K. S., & Lubis, M. J. (2022). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Penyampaian Informasi Bagi Kepemimpinan Sekolah Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 148-154. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i2.7066

Downloads

Published

2023-03-15 — Updated on 2023-06-30

Versions

How to Cite

Novianti, S. A., & Dahlan, M. (2023). STRATEGI PEMASARAN PRODUK KARTUHALO TELKOMSEL UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN. JAPSI : Jurnal Aplikasi Dan Pengembangan Sistem Industri, 1(1), 27–34. https://doi.org/10.33096/japsi.v1i1.56 (Original work published March 15, 2023)