ANALISIS KUALITAS PRODUK AMDK CUP 220ML MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA DMAIC
DOI:
https://doi.org/10.33096/japsi.v1i2.479Abstract
Tujuan: Penelitian ini dilaksanakan dalam rangka untuk mengetahui jenis cacat & penyebab terjadinya cacat pada produk AMDK cup 220ml, untuk mengetahui kualitas proses produksi dilihat dari nilai sigma dan memberikan rekomendasi perbaikan dalam upaya menjaga kualitas produk juga proses produksi pada perusahaan.
Desain/Metodologi/Pendekatan: Penelitian ini menggunakan suatu metode pengendaluan kualitas yaitu Six Sigma (DMAIC) yang dimana terdapat 5 tahapan didalamnya terdiri dari Define (Pendefinisian), Measure (Pengukuran), Analyze (Analisis), Improvement (Perbaikan), dan Control (Pengendalian).
Temuan/Hasil: Pada tahun 2022 ditemukan terdapat produk cacat sebesar rata-rata 4-5 % dari total produksi yang ada, dan ada beberapa jenis cacat pada hasil produksi tersebut.
Dampak: Dampak penelitian ini adalah penerapan ilmu yang diperoleh selama perkuliahan dan peningkatan penguasaan metode yang digunakan, serta memberikan bahan pertimbangan strategis untuk pengendalian dan perbaikan kualitas produk, sehingga dapat meminimalkan kerugian dalam proses produksi.
Kesimpulan: Setelah melaksanakan penelitian selama kurang lebih 1 bulan, penulis mendapat kesimpulan bahwa terdapat 6 jenis cacat pada proses produksi, yaitu cacat volume, lid miring, lid bocor, lid sealing tidak sempurna, cup penyok dan cup bocor. Adapun faktor yang menjadi penyebab terjadinya cacat produk yaitu faktor manusia, mesin, material dan faktor metode. Dan untuk nilai sigma dari proses produksi pada perusahaan adalah sebesar 3,81 sigma.
References
Asmadi, D., Ilyas, I., & Nadhilah, E. (2021). Pengendalian Produksi Pascapanen pada IKM Nozy Juice dengan Metode Six Sigma. Jurnal Optimalisasi, 7(2), 225. https://doi.org/10.35308/jopt.v7i2.3486
Azizah, F. N., Fernanda, A., Husein, D. A. S., Amani, A. R., Santana, D., & Edison, F. H. (2023). Pengendalian Kualitas Produk Spanduk Menggunakan Metode Six Sigma (Studi Kasus Pada CV. Digital Printing). Inaque : Journal of Industrial and Quality Engineering, 10(2), 135–146. https://doi.org/10.34010/iqe.v10i2.7150
Dewi, A. A., & Yuamita, F. (2022). Pengendalian Kualitas Pada Produksi Air Minum Dalam Kemasan Botol 330 Ml Menggunakan Metode Failure Mode Effect Analysis (FMEA) Di PDAM Tirta Sembada. In Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan / JTMIT (Vol. 1). https://doi.org/https://doi.org/10.55826/tmit.v1iI.4
Fauzi, A., Setyawan, I., Rahma, S. A., Harnanti, N., Linda, A., & Opusunggu, S. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan. PORTOFOLIO: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(3), 219–227. http://jurnalprisanicendekia.com/index.php/portofolio/article/view/91
Fole, A., & Kulsaputro, J. (2023). Implementasi Lean Manufacturing Untuk Mengurangi Waste Pada Proses Produksi Sirup Markisa. JIEI: Journal of Industrial Engineering Innovation, 1(1), 23–29. https://doi.org/10.58227/jiei.v1i1.59
Handayani, L. S., Hidayat, R., Inspeksi, J., Cibatu, K., Bekasi, K., & Barat, J. (2020). Pengaruh kualitas Produk, Harga, dan Digital Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk MS Glow Beauty. https://doi.org/10.35972/jieb.v6i2.330
Ihyaulumuddin, Padhil, A., & Fachry Hafid, M. (2023). Analisis Tingkat Kualitas Pelayanan Grab Terhadap Driver Grabbike Dengan Menggunakan Metode Servqual. Jurnal Aplikasi dan Pengembangan Sistem Industri 1(1), 1-9. https://doi.org/10.33096/japsi.v1i1.53
Kumrotin, E. L., & Susanti, A. (2021). Pengaruh kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada cafe ko. we. cok di solo. J-MIND: (Jurnal Manajemen Indonesia), 6(1), 1–13. https://doi.org/10.29103/j-mind.v6i1.4870
Kuncoro, B. N. (2023). Pengendalian Kualitas Produksi Dengan Metode Six-Sigma Pada Industri Amdk Produk 600 Ml PT Tirta Investama (AQUA). Jurnal Teknik Dan Science, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.56127/jts.v2i1.515
Mail, A., Chairany, N., & Fole, A. (2019). Evaluation of Supply Chain Performance through Integration of Hierarchical Based Measurement System and Traffic Light System: A Case Study Approach to Iron Sheet Factory. Int. J Sup. Chain. Mgt Vol, 8(5), 79-85. https://doi.org/10.59160/ijscm.v8i5.2584
Ningrum, H. F. (2019). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Menggunakan Metode Statistical Process Control (SPC) Pada PT Difa Kreasi. Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 61–75. http://bisnisman.nusaputra.ac.id
Pahmi, L., Sulistiowati, E. D., & Harsyiah, L. (2022). Analisis Pengendalian Kualitas Air Minum dalam Kemasan Menggunakan Metode FMEA dan Penerapan Kaizen (Study Kasus di PT Lombok Pusaka Adam, Jelantik Lombok Tengah). Eigen Mathematics Journal, 5(1), 7–14. https://doi.org/10.29303/emj.v5i1.126
Rahayu, S., & Eliyah Yuliana, P. (2022). Penerapan Metode Six Sigma Untuk Analisis Pengendalian Kualitas Produk Sepatu pada Industri Sepatu di Sidoarjo (Vol. 25, Issue 1). http://univ45sby.ac.id/ejournal/index.php/industri/index
Rauf, N., Padhil, A., Alisyahbana, T., Saleh, A., & Dahlan, M. (2022). Analysis Of Quality Control Of T-Shirt Screen Printing Products With Six Sigma Dmaic Method on CV. Macca Clothing. Journal of Industrial Engineering Management, 7(1), 76–82. https://doi.org/10.33536/jiem.v7i1.1147
Ririh, K. R., Fajrin, M. J. D., & Ningtyas, D. R. (2020). Analisis Risiko Kecelakaan Kerja Dengan Menggunakan Metode HIRARC dan Diagram FISHBONE Pada Divisi Warehouse di PT. Bhineka Ciria Artana. Prosiding Seminar Rekayasa Teknologi (SamResTek), 8–13.
Sumpena. (2021). Pengendalian Kualitas Dengan Metode Quality Control Circle (Qcc) 7 Tools Pada Departemen Technical PT. XYZ. Jurnal Teknik Industri, 7(1), 44–51.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JAPSI : Jurnal Aplikasi dan Pengembangan Sistem Industri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.