INOVASI KEMASAN PRODUK KOPI UMKM ROBIN: MENYELARASKAN PREFERENSI KONSUMEN MELALUI PENDEKATAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT

Authors

  • Riad Rifaldi Taha Universitas Muslim Indonesia
  • A Dwi Wahyuni P Universitas Muslim Indonesia
  • Muhammad Nusran Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/japsi.v2i2.1263

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi preferensi konsumen terhadap kemasan produk kopi UMKM Robin serta merancang ulang kemasan tersebut dengan memanfaatkan pendekatan Quality Function Deployment (QFD) guna menciptakan kemasan yang praktis, menarik, dan sesuai dengan harapan konsumen.

Desain/Metodologi/Pendekatan: Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini melibatkan desain ulang kemasan produk kopi UMKM Robin dengan pendekatan QFD, yang memungkinkan penyelarasan preferensi konsumen dengan atribut-atribut kemasan yang diinginkan, sehingga menghasilkan kemasan yang memenuhi standar kualitas dan kesesuaian dengan kebutuhan pasar.

Temuan/Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 12 atribut kemasan kopi yang diinginkan konsumen dan 7 spesifikasi yang disarankan dalam sesain kemasan, memandu pengembangan produk yang kompetitif.

Dampak: Penelitian ini berpotensi memberikan wawasan yang berharga pada UMKM untuk meningkatkan daya saing produk kopi dan minat beli konsumen.

Kesimpulan: Penelitian ini menunjukan bahwa desain ulang kemasan produk kopi UMKM Robin dengan metode QFD membuktikan bahwa memahami preferensi konsumen dan memenuhi 12 atribut dan 7 spesifikasi kemasan kunci dapat mengarah pada peningkatan minat beli konsumen dan daya saing produk lokal yang dipasarkan.

References

Fole, A. (2022). Peningkatan Kinerja Pada Industri Kerajinan Songko Recaa (Studi Kasus : UKM ISR Bone). https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/39404

Fole, A., Herdianzah, Y., Astutik, W., & Kulsaputro, J. (2024). The Effect of Marketing Digitalization on the Performance and Sustainability of Culinary MSMEs in the New Normal Era. Proceeding of Research and Civil Society Desemination, 2(1), 375–386. https://doi.org/10.37476/presed.v2i1.81

Handayani, N., Nadya, Y., & Zuhra, S. F. (2021). Redesign Kemasan Produk Terasi Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD). Jurnal Teknik Industri, 24(2), 1-16. http://univ45sby.ac.id/ejournal/index.php/industri/index

Hanryanto, R. M. (2022). Packaging Development and Instagram Application of SME Kalong Coffee. In Proceedings of International Conference on Economics Business and Government Challenges (Vol. 1, No. 1, pp. 125-133). https://doi.org/10.33005/ic-ebgc.v1i1.20

Irawati, L., & Handayani, W. (2022). Usulan Perbaikan Desain Kemasan Menggunakan Metode Quality Function Deployment dan House Of Quality. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(4), 1732–1738. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i4.1893

Kurniawan, D. T., Anugrahani, I. S., Prasasti, A., & Fitri, R. (2021). Pelatihan dan Pendampingan UMKM di Desa Gajahrejo dalam Pembuatan Desain Kemasan Inovatif Oleh-Oleh Khas Malang Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk VIVABIO: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 3(1), 22-29. https://doi.org/10.35799/vivabio.3.1.2021.31380

Kusrini, E., Safitri, K. N., & Fole, A. (2020). Design Key Performance Indicator for Distribution Sustainable Supply Chain Management. 2020 International Conference on Decision Aid Sciences and Application, DASA 2020, 738–744. https://doi.org/10.1109/DASA51403.2020.9317289

Lagrasta, F. P., Pontrandolfo, P., & Scozzi, B. (2021). Circular economy business models for the Tanzanian coffee sector: A teaching case study. Sustainability (Switzerland), 13(24), 1–28. https://doi.org/10.3390/su132413931

Maulani, A. N., Fetrianggi, R., & Prana, I. S. (2021). Analisis Pengaruh Desain Kemasan dan Brand Image Kopi Good Day Pada Minat Beli Konsumen. Finder: Journal of Visual Communication Design, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.17509/finder.v1i1.34056

Nalhadi, A., & Subentar, B. (2022). Perancangan Kemasan Produk Kue Gipang Pangrih Menggunakan Metode Quality Function Deployment. JITEKH, 10(2), 52–59. https://doi.org/10.35447/jitekh.v10i2.560

Oliveira, G., Passos, C. P., Ferreira, P., Coimbra, M. A., & Gonçalves, I. (2021). Coffee by-products and their suitability for developing active food packaging materials. In Foods (Vol. 10, Issue 3, pp. 1–17). MDPI AG. https://doi.org/10.3390/foods10030683

Peluso, M. (2023). Navigating the Coffee Business Landscape: Challenges and Adaptation Strategies in a Changing World. In Proceedings (Vol. 89, No. 1, p. 22). MDPI. https://doi.org/10.3390/icc2023-14825

Prasetiyo, J., Debora, F., Pupung, M., & Widodo, A. (2022). Perbaikan Desain Kemasan Makanan Ringan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD). Jurnal Optimalisasi, 8(1), 96-105. https://doi.org/10.35308/jopt.v8i1.5334

Putri, M., Mail, A., & Rauf, N. (2022). Analysis of Coffee Product Packaging Development Based on Consumer Preferences Using the Quality Function Deployment (QFD) Method of Budi UMKM in Luwu Regency. Journal of Sustainability Industrial Engineering and Management System, 1(1), 14–22. https://doi.org/10.56953/jsiems.v1i1.11

Reinhart, M., & Wilujeng, F. R. (2022). Meningkatkan Mutu Pelayanan Di Holland Bakery Tegal Rotan Dengan Metode IPA, KANO, dan QFD. JIEMS (Journal of Industrial Engineering and Management Systems), 15(1), 54-62. https://doi.org/10.30813/jiems.v15i1.3603

Safutra, N. I., Fole, A., Dahlan, M., & Yusuf, R. (2024). Transformasi Kualitas Pelayanan E-Commerce Lazada: Pendekatan Inovatif dengan Metode Importance Performance Analisis (IPA) di Kecamatan Sinjai Barat. Journal of Industrial Engineering Innovation, 2(01), 1-8. https://doi.org/10.58227/jiei.v2i01.116

Smrke, S., Adam, J., Mühlemann, S., Lantz, I., & Yeretzian, C. (2022). Effects of different coffee storage methods on coffee freshness after opening of packages. Food Packaging and Shelf Life, 33(100893), 1–7. https://doi.org/10.1016/j.fpsl.2022.100893

Sousa, M. M. M. de, Carvalho, F. M., & Pereira, R. G. F. A. (2020). Colour and shape of design elements of the packaging labels influence consumer expectations and hedonic judgments of specialty coffee. Food Quality and Preference, 83, 1–26. https://doi.org/10.1016/j.foodqual.2020.103902

Susanti, D. A., Ma, S., Nurhayati, E., Zulmarihana, D., & Dharu, A. R. (2022). Perancangan Desain Kemasan Gudeg Jogja dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD). Jurnal Engine: Energi, Manufaktur, dan Material, 6(2), 64-69. https://doi.org/10.30588/jeemm.v6i2.1359

Trikurnian, A. (2023). Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia Digital Pada UMKM Studi Kasus di Kemari Coffee. EXERO : Journal of Research in Business and Economics, 6(1), 39–62. https://doi.org/10.24071/exero.v6i1.6686

Yuliani, D., Nursetiawan, I., & Taufiq, O. H. (2021). Inovasi Kemasan Kopi Robusta Kekinian Desa Sukamaju Berbasis Kearifan Lokal. MALLOMO: Journal of Community Service, 1(2), 64-72. https://doi.org/10.55678/mallomo.v1i2.391

Zetli, S., Tarigan, E. P. L., & Fajrah, N. (2024). Perancangan Desain Kemasan Keripik dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD). Jurnal Surya Teknika, 11(1), 19–28. https://doi.org/10.37859/jst.v11i1.6956

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

INOVASI KEMASAN PRODUK KOPI UMKM ROBIN: MENYELARASKAN PREFERENSI KONSUMEN MELALUI PENDEKATAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT . (2024). JAPSI : Jurnal Aplikasi Dan Pengembangan Sistem Industri, 2(2), 86-96. https://doi.org/10.33096/japsi.v2i2.1263