SIMULASI ANTRIAN PELAYANAN KESEHATAN PADA PUSKESMAS MENGGUNAKAN MODEL DISKRIT (STUDI KASUS: PUSKESMAS KANJILO)

Authors

  • Harun Saharuddin Universitas Muslim Indonesia
  • Abdul Mail Universitas Muslim Indonesia
  • Nurul Chairany Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/japsi.v2i3.1030

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem antrian layanan kesehatan pada Puskesmas Kanjilo melalui model simulasi diskrit, serta merancang eksperimen guna menyusun model perbaikan yang efektif dalam mengurangi waiting time pasien di pusat pelayanan kesehatan.

Desain/Metodologi/Pendekatan: Penelitian ini menggunakan metode simulasi diskrit dengan menggunakan software ProModel.

Temuan/Hasil: Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tiga skenario perbaikan yang dapat mengurangi waiting time pada Puskesmas Kanjilo. Skenario pertama yaitu menghilangkan waktu downtime pada pelayanan pendaftaran, skenario kedua yaitu menghilangkan waktu downtime dan memberikan batas waktu maksimal 5 menit untuk pelayanan pendaftaran dan skenario ketiga yaitu menambahkan 1 apoteker pada fasilitas pelayanan farmasi.

Dampak: Penelitian ini berdampak pada pengoptimalan efisiensi layanan kesehatan di Puskesmas Kanjilo melalui implementasi model simulasi diskrit, yang berpotensi mengurangi waiting time pasien dan meningkatkan kualitas pelayanan secara keseluruhan.

Kesimpulan: Hasil penelitian mengungkap faktor-faktor penyebab waiting time tinggi di Puskesmas Kanjilo yaitu lamanya antrian pendaftaran, pemeriksaan awal, dan farmasi. Model awal membutuhkan 65 menit; scenario satu, 55 menit dengan penegasan peraturan; scenario dua, 47 menit dengan batas pendaftaran 5 menit; scenario tiga, 44 menit dengan kesulitan penambahan operator karena regulasi Dinas Kesehatan. Integrasi aturan dengan prosedur dapat meningkatkan efisiensi pelayanan kesehatan di Puskesmas Kanjilo.

References

Arsyad, D. S., Hamsyah, E. F., Qalby, N., Qanitha, A., Westerink, J., Cramer, M. J., Visseren, F. L. J., Doevendans, P. A., & Ansariadi, A. (2022). The readiness of public primary health care (PUSKESMAS) for cardiovascular services in Makasar City, Indonesia. BMC Health Services Research, 22(1), 1–12. https://doi.org/10.1186/s12913-022-08499-w

Cahyono, D. E. (2022). Perancangan Sistem Informasi Antrian Pasien Di Upt Puskesmas Kaligesing (9, Trans.). Jurnal Ekonomi Dan Teknik Informatika, 2, 76–81. https://doi.org/10.37601/jneti.v9i2.190

Dalimunthe, U. F., Siregar, O. S., & Agustina, D. (2023). Implementasi Strategi Manajemen Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Puskesmas : Study Literatur. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(2), 1237–1243. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.14772

Fole, A., & Kulsaputro, J. (2023). Implementasi Lean Manufacturing Untuk Mengurangi Waste Pada Proses Produksi Sirup Markisa. JIEI: Journal of Industrial Engineering Innovation, 1(1), 23–29. https://doi.org/10.58227/jiei.v1i1.59

Friadi, J., Yani, Dodi. P., Zaid, M., & Sikumbang, A. (2023). Perancangan Pemodelan Unified Modeling Language Sistem Antrian Online Kunjungan Pasien Rawat Jalan pada Puskesmas. Jurnal Ilmu Siber Dan Teknologi Digital, 1(2), 125–133. https://doi.org/10.35912/jisted.v1i2.2298

Hanggara, F. D., & Putra, R. D. E. (2020). Analisis Sistem Antrian Pelanggan SPBU Dengan Pendekatan Simulasi Arena. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 6(2), 155–162. https://doi.org/10.30656/intech.v6i2.2543

Hariputra, R. P., Defit, S., & Sumijan. (2022). Analisis Sistem Antrian dalam Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Menggunakan Metode Accidental Sampling. Jurnal Sistim Informasi Dan Teknologi, 4(2), 70–75. https://doi.org/10.37034/jsisfotek.v4i2.127

Isfirory, M. A., & Suseno, A. (2021). Peningkatan Service Level pada Sistem Antrian Pengambilan Obat di Puskesmas Bojong Rawalumbu Menggunakan Metode Simulasi. In Diterima tgl 5 Januari. https://doi.org/10.28932/jis.v4i1.3031

Liputra, D. T., Arisandhy, V., & Menori, C. I. (2024). Penentuan Jumlah Pegawai Bagian Farmasi untuk Mengurangi Total Waktu Menunggu Pasien Rawat Jalan dan Pasien Rawat Inap dengan Metode Simulasi. JISI: Jurnal Integrasi Sistem Industri, 11(1), 87. https://doi.org/10.24853/jisi.11.1.87-98

Mahendradhata, Y., Andayani, N. L. P. E., Hasri, E. T., Arifi, M. D., Siahaan, R. G. M., Solikha, D. A., & Ali, P. B. (2021). The Capacity of the Indonesian Healthcare System to Respond to COVID-19. Frontiers in Public Health, 9, 1–9. https://doi.org/10.3389/fpubh.2021.649819

Mawuntu, K. C. T., Rorimpandey, G. C., & Santa, K. (2023). Perancangan Sistem Antrian Berbasis Web Pada Puskesmas Pangolombian. Jurnal Penelitian Teknologi Informasi Dan Sains, 1(2), 15–31. https://doi.org/10.54066/jptis.v1i2.379

Melyanti, R., Irfan, D., Febriani, A., Khairana, R., & Hang Tuah Pekanbaru, S. (2020). Rancang Bangun Sistem Antrian Online Kunjungan Pasien Rawat Jalan Pada Rumah Sakit Syafira Berbasis Web. Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), 3(2), 192–198. https://doi.org/10.31539/intecoms.v3i2.1676

Nanda, D. K., Wati, A. S., & Putra, A. A. (2024). Simulasi Sistem Pelayanan Pasien Rawat Jalan Dengan Discrete Event Simulation (Des) Untuk Mengoptimalkan Pelayanan Kepada Masyarakat. JIFSI: Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi, 4(1), 40–46. https://jifsi.unisti.ac.id/index.php/JIFSI

Prahasti, Sapri, & Utami, F. H. (2022). Aplikasi Pelayanan Antrian Pasien Menggunakan Metode FCFS Menggunakan PHP dan MySQL. Jurnal Media Infotama, 18(1), 153–160. https://doi.org/10.37676/jmi.v18i1.2176

Prasetyo, B. A., Paskaria, E., Tarigan, L., & Zetli, S. (2023). Pemodelan Simulasi untuk Mengurangi Antrian pada Fasilitas Layanan Kesehatan. Jurnal Surya Teknika, 10(2), 912–916. https://doi.org/10.37859/jst.v10i2.6611

Rachmawati, N. L., & Dianisa, P. A. (2022). Model Simulasi Sistem Diskrit untuk Meminimasi Rata-rata Waktu Tunggu Truk (Studi Kasus PT. XYZ). JURMATIS (Jurnal Manajemen Teknologi Dan Teknik Industri), 4(2), 122–136. https://doi.org/10.30737/jurmatis.v4i2.2371.g2308

Safutra, N. I., Fole, A., Dahlan, M., & Yusuf, R. (2024). Transformasi Kualitas Pelayanan E-Commerce Lazada: Pendekatan Inovatif dengan Metode Importance Performance Analisis (IPA) di Kecamatan Sinjai Barat. Journal of Industrial Engineering Innovation, 2(01), 1-8. https://doi.org/10.58227/jiei.v2i01.116

Trimurni, F., & Mansor, N. (2020). Decentralization of public healthcare services in the province of Sumatera Utara, Indonesia. International Journal of Public Health Science, 9(4), 364–372. https://doi.org/10.11591/ijphs.v9i4.20508

Zubir, D. Z., Andini, F., Ridho, M., & Filki, Y. (2022). Simulasi Sistem Pelayanan Rawat Jalan Pasien menggunakan Simulasi Kejadian Diskrit (Des). Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 160–165. https://doi.org/10.37034/infeb.v4i4.165

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

SIMULASI ANTRIAN PELAYANAN KESEHATAN PADA PUSKESMAS MENGGUNAKAN MODEL DISKRIT (STUDI KASUS: PUSKESMAS KANJILO). (2024). JAPSI : Jurnal Aplikasi Dan Pengembangan Sistem Industri, 2(3), 134-142. https://doi.org/10.33096/japsi.v2i3.1030