Pengembangan Kemasan Kerupuk Cumi Menggunakan Metode Value Engineering Di Umkm Semangat Baru
DOI:
https://doi.org/10.33096/jrsim.v1i3.515Abstract
Salah satu usaha yang dapat ditempuh untuk menghadapi persaingan perdagangan adalah melalui desain kemasan. Daya tarik suatu produk tidak dapat terlepas dari kemasannya. Pengemasan merupakan kegiatan merancang dan membuat wadah atau bungkus sebagai suatu produk, kemasan yang unik menarik menjadi daya tarik bagi konsumen. Salah satu industri olahan makan ringan yang terdapat di Sulawesi Selatan yaitu UMKM Semangat Baru didirikan pada tahun 2019 silam yang bergerak dibidang pembuatan makanan ringan seperti Kerupuk Cumi dan Abon Ikan. Adapun kemasan yang digunakan oleh UMKM Semangat Baru adalah plastik berbentuk standing pouch yang dilabeli logo perusahaan. Selain itu, kemasan yang digunakan produk ini masih menggunakan desain yang kurang menarik dan kurang lengkapnya informasi produk tertera pada kemasan sehingga kurang diminati oleh konsumen, serta material kemasan masih menggunakan plastik yang tidak ramah lingkungan, karena jenis plastik yang digunakan berbahan dasar Polypropylene (PP). Sehingga untuk mengatasi masalah tersebut dapat dilakukan dengan pengembangan kemasan produk menggunakan metode Value Engineering untuk merancang kemasan kerupuk cumi ramah lingkungan untuk meningkatkan daya tarik konsumen yang nantinya akan berdampak kepada pertambahan nilai jual produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alternatif kemasan terpilih yaitu alternatif A karena memliki nilai value tertinggi diantara alternatif lainnya yaitu 0,00794. Dan terjadi penambahan value jika mengganti kemasan lama dengan alternatif terpilih sebesar 0,00162. Konsep kemasan alternatif A dianggap mampu memenuhi standar kemasan dari kerupuk cumi sehingga dapat memenuhi tujuan dari penelitian yaitu Untuk menghasilkan usulan desain kemasan yang tepat dan menarik untuk produk kerupuk cumi.
References
Mochamad Dimas Rizmy Aji, “Pengembangan Produk Kerupuk Dari Limbah Kulit Buah Naga Di Ud. Nagawangi Alam Sejahtera,” Ind. Inov. J. Tek. Ind., vol. 2, no. 1, pp. 171–178, 2019.
M. V. P. Pessôa and J. M. J. Becker, ““Smart design engineering: a literature review of the impact of the 4th industrial revolution on product design and development,” Res. Eng. Des., vol. 31, no. 2, pp. 175–195, 2020, doi: 10.1007/s00163-020-00330-z.
K. R. Amaliah and Z. Zulkarnain, “Pengembangan kemasan permen rumput laut dengan metode value engineering (Studi kasus: UMKM Pondok Cafe),” J. Ind. Serv., vol. 7, no. 2, p. 211, 2022, doi: 10.36055/jiss.v7i2.13248.
Muslimin, Mukhlis, lita asyriati Latif, B. Tjiroso, and S. Rais, “Pelatihan pembuatan kemasan produk-produk rumahan bagi masyarakat di desa toniku,” To maega J. Pengabdi. Masy., vol. 5, no. 1, pp. 91–100, 2022, doi: Https://doi.org/10.35914/tomaega.v5i1.964.
B. Pertiwi, Rianty, and yayu sri Rahayu, “Pengaruh desain produk, kualitas produk dan harga kompetitif terhadap keputusan pembelian sandal wanita merek cardinal di wilayah kota bandung,” J. sain Manaj., vol. 2, no. 2, pp. 41–50, 2020, doi: Http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsm/index.
G. Jauhari and R. N. Lubis, ““Analisis tingkat kepuasan pelanggan produk air minum dalam kemasan (AMDK) Ayia 240 ml menggunakan quality function deployment (QFD),” J. Sains dan Teknol. J. Keilmuan dan Apl. Teknol. Ind., vol. 20, no. 1, pp. 29–33, 2020, doi: 10.36275/stsp.v20i1.227.
P. Kotler and Kevin Lane Keller, Marketing Managemen, 15th Edition. Pearson Education,Inc., 2016.
D. A. McKendry, R. I. Whitfield, and A. H. B. Duff, “Product lifecycle management implementation for high value engineering to order programmes: An informational perspective,” “Product lifecycle Manag. Implement. high value Eng. to order Program. An informational Perspect., vol. 26, no. 1, pp. 778–781, 2022, doi: 10.1016/j.jii.2021.100264.
K. Gotzamani, Georgiou, A. Andronikidis, and K. Kamvysi, “Introducing multivariate Markov modeling within QFD to anticipate future customer preferences in product design,” Int. J. Qual. Reliab. Manag., vol. 35, no. 3, pp. 762–778, 2018, doi: 10.1108/IJQRM-11- 2016-0205.
H. Jiang, C. K. Kwong, and Y. Liu, “A methodology of integrating affective design with defining engineering specifications for product design,” Int. J. Prod. Res., vol. 3, no. 8, pp. 2472–2488, 2020, doi: 10.1080/00207543.2014.975372.