Evaluasi Implementasi Total Quality Management Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process Pada PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4
DOI:
https://doi.org/10.33096/jrsim.v1i1.419Abstract
Total Quality Management (TQM) suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba untuk memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan atas produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungannya. Manfaat utama penerapan TQM pada sektor publik adalah perbaikan pelayanan, pengurangan biaya dan kepuasan pelanggan. PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Cab. Pare - pare adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa kepelabuhanan dan memiliki kegiatan utama yaitu pelayanan barang, pelayanan kapal, dan pelayanan rupa - rupa yang merupakan jasa layanan yang menunjang kegiatan yang ada di pelabuhan. Namun, berdasarkan perkembangan indeks kepuasan pelanggan terjadi penurunan pada tahun 2022 diduga karena adanya hambatan yang terjadi dalam proses dimana jika tidak ditanggulangi dapat berpengaruh ke tahun selanjutnya. Penelitian ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) berdasarkan prinsip yang ditetapkan dalam menjalankan ISO 9001:2015 yaitu pendekatan proses Plan, Do, Check, Act (PDCA). Berdasarkan dari pengolahan dan analisa data, kriteria yang menjadi penghambat terjadinya penurunan indeks kepuasan pelanggan terbesar adalah kriteria D2 yaitu menjalankan segmen usaha yang dikelola oleh anak perusahaan dengan nilai sebesar 0,53 atau 53% yang terdapat dalam dimensi Do. Berdasarkan hasil analisis data bahwa dimensi yang memiliki urutan prioritas pertama dalam menjadi penghambat terjadinya penurunan indeks kepuasan pelanggan dalam proses PDCA adalah dimensi Do dengan nilai 0,691.
References
E. Kusrini, K. N. Safitri, and A. Fole, “Design Key Performance Indicator for Distribution Sustainable Supply Chain Management,” in 2020 International Conference on Decision Aid Sciences and Application, DASA 2020, Institute of Electrical and Electronics Engineers Inc., Nov. 2020, pp. 738–744. doi: 10.1109/DASA51403.2020.9317289.
I. Farida and D. Setiawan, “Business Strategies and Competitive Advantage: The Role of Performance and Innovation,” Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, vol. 8, no. 3, Sep. 2022, doi: 10.3390/joitmc8030163.
J. Abbas, “Impact of total quality management on corporate green performance through the mediating role of corporate social responsibility,” J Clean Prod, vol. 242, no. 118458, pp. 1–12, Jan. 2020, doi: 10.1016/j.jclepro.2019.118458.
N. Chairany, A. Mail, and A. Fole, “Evaluation of Supply Chain Performance through Integration of Hierarchical Based Measurement System and Traffic Light System: A Case Study Approach to Iron Sheet Factory,” Makassar, Oct. 2019. doi: 10.59160/ijscm.v8i5.2584.
R. Agusli, M. Dzulhaq, and F. Irawan, “istem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Menggunakan Metode AHP-Topsis,” Academic Journal of Computer Science Research, vol. 2, no. 2, pp. 35–40, 2020.
T. A. Van Nguyen, D. Tucek, and N. T. Pham, “Indicators for TQM 4.0 model: Delphi Method and Analytic Hierarchy Process (AHP) analysis,” Total Quality Management and Business Excellence, vol. 34, no. 1–2, pp. 220–234, 2023, doi: 10.1080/14783363.2022.2039062.
A. R. Santos, “Human resource lens: perceived performances of ISO 9001:2015 certified service firms,” International Journal of Human Capital in Urban Management, vol. 8, no. 2, pp. 229–244, Apr. 2023, doi: 10.22034/IJHCUM.2023.02.06.
I. Vinogradova-Zinkevič, “Comparative Sensitivity Analysis of Some Fuzzy AHP Methods,” Mathematics, vol. 11, no. 24, pp. 1–39, Dec. 2023, doi: 10.3390/math11244984.
B. Nahavandi, “A Fuzzy Analytical Hierarchy Process For Evaluation Of Knowledge Management Effectiveness In Research Centers,” International Journal of the Analytic Hierarchy Process, vol. 15, no. 1, pp. 2–30, 2023.
Yonathan, “Analisis Pemilihan Vendor Terbaik dalam Pengiriman Produk Minuman dalam Kemasan Menggunakan Metode AHP dan Topsis di PT CS2 Pola Sehat,” 2020. doi: 10.31334/logistik.v4i1.869.