Pengukuran Kinerja Produk Minuman Cup Berperisa Untuk Meminimalisir Cacat Pada PT. Sumber Sari Segar

Authors

  • Tesya Apnita Dewi Universitas Muslim Indonesia
  • Lamatinulu Universitas Muslim Indonesia
  • Nurhayati Rauf Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/jrsim.v1i1.383

Abstract

PT. Sumber Sari Segar merupakan perusahaan lokal yang memproduksi dan mendistribusikan berbagai produk minuman. Selain tuntutan untuk menghasilkan produk sesuai schedule, perusahaan juga dituntut untuk menjaga kualitas produk dengan cara meminimalisir pembuatan produk cacat. Produk cacat merupakan salah satu item yang masuk dalam penilaian KPI (Key Performance Indicator). Pada proses produksi sering terjadi produk yang cacat Setiap bulan bervariasi jenis dan jumlah yang cacat. Data cacat untuk bulan Mei sebanyak 73.713 pcs atau 0,29%, untuk bulan Juni sebanyak 78.050 pcs atau 0,29%,untuk bulan Juli sebanyak 76.679 pcs atau 0,32%, untuk bulan Agustus sebanyak 101.949 pcs atau 0,38%, untuk bulan September sebanyak 121.349 pcs atau 0,46%, dan untuk bulan Oktober 96.934 pcs atau 0,35%. Dari bulan Mei – Oktober 2022 menunjukkan persentase yang cacat melebihi standar yang ditetapkan oleh perusahaan yaitu 0,20%. Tingginya persentase cacat mengakibatkan turunnya kualitas produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengendalikan kualitas pada produk di PT. Sumber Sari Segar dengan cara menggunakan metode Six Sigma. Six sigma didefinisikan sebagai metode peningkatan proses bisnis yang bertujuan untuk menemukan dan mengurangi faktor penyebab kecacatan dan kesalahan, mengurangi waktu siklus dan biaya operasi, meningkatkan produktifitas, memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik, mencapai tingkat pendayagunaan asset yang lebih tinggi, serta mendapatkan imbal hasil atas investasi yang lebih baik dari segi produksi maupun pelayanan.

References

A. Petrillo, F. De Felice, and F. Zomparelli, “Performance measurement for world-class manufacturing: a model for the Italian automotive industry,” Total Quality Management and Business Excellence, vol. 30, no. 7–8, pp. 908–935, May 2019, doi: 10.1080/14783363.2017.1408402.

A. Fole and J. Kulsaputro, “Implementasi Lean Manufacturing Untuk Mengurangi Waste Pada Proses Produksi Sirup Markisa,” JIEI: Journal ofIndustrial Engineering Innovation, vol. 1, no. 1, pp. 23–29, 2023, doi: 10.58227/jiei.v1i1.59.

N. F. Naini, Sugeng Santoso, T. S. Andriani, U. G. Claudia, and Nurfadillah, “The Effect of Product Quality, Service Quality, Customer Satisfaction on Customer Loyalty,” Journal of Consumer Sciences, vol. 7, no. 1, pp. 34–50, Feb. 2022, doi: 10.29244/jcs.7.1.34-50.

A. Soetiyani and A. I. Maida, “Pengaruh Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Pertumbuhan Usaha dimoderasi oleh Kepuasan Pelanggan,” J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), vol. 7, no. 2, p. 629, Oct. 2022, doi: 10.33087/jmas.v7i2.503.

L. S. Handayani, R. Hidayat, J. Inspeksi, K. Cibatu, K. Bekasi, and J. Barat, “Pengaruh kualitas Produk, Harga, dan Digital Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk MS Glow Beauty,” 2020. doi: 10.35972/jieb.v6i2.330.

F. N. Azizah, A. Fernanda, D. A. S. Husein, A. R. Amani, D. Santana, and F. H. Edison, “Pengendalian Kualitas Produk Spanduk Menggunakan Metode Six Sigma (Studi Kasus Pada CV. Digital Printing),” Inaque : Journal of Industrial and Quality Engineering, vol. 10, no. 2, pp. 135–146, Jan. 2023, doi: 10.34010/iqe.v10i2.7150.

M. Schmidt, J. T. Maier, and L. Härtel, “Data based root cause analysis for improving logistic key performance indicators of a company’s internal supply chain,” in Procedia CIRP, Elsevier B.V., 2020, pp. 276–281. doi: 10.1016/j.procir.2020.01.023.

S. S. A. N. Nuruljannah, R. D. Kusumaningtyas, and T. Samesti, “Analysis of Inventory Problems Using the Fault Tree Analysis Method (Case Study: PT Kimpai Dyna Tube),” OPSI, vol. 15, no. 2, p. 310, Dec. 2022, doi: 10.31315/opsi.v15i2.7978.

S. Rahayu and P. Eliyah Yuliana, “Penerapan Metode Six Sigma Untuk Analisis Pengendalian Kualitas Produk Sepatu pada Industri Sepatu di Sidoarjo,” 2022. [Online]. Available: http://univ45sby.ac.id/ejournal/index.php/industri/index

A. Widodo and D. Soediantono, “Benefits of the Six Sigma Method (DMAIC) and Implementation Suggestion in the Defense Industry: A Literature Review,” International Journal Of Social And Management Studies (IJOSMAS), vol. 3, no. 3, 2022, doi: 10.5555/ijosmas.v3i3.138.

Downloads

Published

2023-06-30